Langsung ke konten utama

Kampung Wisata Toba di Yogyakarta Dikunjungi Bupati Poltak Sitorus

Yogyakarta, Batak Raya — Bupati Toba, Poltak Sitorus, menghadiri acara pembukaan Kampung Wisata Tahunan Mitra Kampung Toba di Kelurahan Tahunan di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, 18 Mei 2022. Kampung wisata Toba ini merupakan tindak lanjut dari kunjungan Wali Kota Yogyakarta, Haryadi Suyuti, ke Kabupaten Toba pada Maret 2022 yang lalu.

Wali Kota Yogyakarta (kiri) menerima ukiran kayu dari Bupati Toba. (Foto: Harrys Pasaribu via Diskominfo Toba)

Pemkot Yogyakarta mengadakan kampung wisata Toba sebagai upaya menarik kunjungan wisatawan. Pemkot juga mengembangkan potensi budaya karawitan dan jumputan untuk menumbuhkan ekonomi kreatif.

Dalam acara peresmian kampung wisata Toba ini Bupati Poltak Sitorus mengajak hadirin untuk berwisata ke Danau Toba. “Banyak destinasi wisata pilihan yang bisa dinikmati. Wisata pantai, wisata alam, cagar budaya, religi, arung jeram,” katanya.

Bupati juga mengharapkan adanya kerja sama lanjutan Pemkab Toba dan Pemkot Yogyakarta pada masa mendatang. “Khususnya melakukan kolaborasi di bidang UMKM di mana kami dapat belajar membuat corak motif Batak dan tenun ulos, bahkan perpaduan motif ulos Batak dan motif batik khas Yogyakarta,” kata Poltak Sitorus.

// Sumber: siaran pers Try Sutrisno Pandapotan via Diskominfo Toba

iklan

iklan

Postingan populer dari blog ini

Ayah Bupati Samosir: Harusnya Saya Dikonfirmasi, Bukan Bupati

Pangururan, Batak Raya — Wartawan bercekcok mulut dengan Ober Gultom, ayah Bupati Samosir, dalam grup WhatsApp. Lantas ketua organisasi media siber menyurati Bupati untuk konfirmasi. “Jadi, kalau nanti ada keluarga saya berdebat dengan mereka, lalu saya juga yang dikonfirmasi? Wah, keterlaluan!” kata Bupati Vandiko Gultom. Ober Gultom, ayah Bupati Samosir, Vandiko Gultom. (Foto: arsip pribadi) Dalam beberapa hari terakhir ini sejumlah media siber di Provinsi Sumatra Utara memberitakan Ketua Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Kabupaten Samosir, Tetty Naibaho, yang mengirim surat konfirmasi bertanggal 30 Mei 2022 kepada Bupati Samosir, Vandiko Gultom, tentang ayahnya sendiri, Ober Gultom, yang berbantah dengan wartawan di sebuah WhatsApp group (WAG) bernama Samosir Negeri Indah (SNI). Dalam surat yang juga ditujukan kepada Sekda Kabupaten Samosir itu Tetty menulis, “… Saudara Ober Gultom yang memberikan komentar terkait pemberitaan ‘Sampah di TPA’ dengan mengusulkan salah seorang tena

Sipalangnamora dan Datu Tambun

Riwayat Raja Sipalangnamora, nenek moyang marga Gultom, dan kisah salah satu putranya, Datu Tambun, pernah saya tulis bersama dengan wartawan Ramses Simanjuntak (almarhum) dalam dua artikel berjudul “Sipalangnamora dan Lima Kendi” serta “Sipalangnamora yang Kaya, Datu Tambun yang Sakti” dalam tabloid Pos Roha pada Juni 2015. Sebagian isi kedua tulisan itu diterbitkan ulang di Batak Raya seperti berikut. Keturunan Raja Sipalangnamora Gultom menziarahi pusara Sipalangnamora dan keempat putranya di Onanrunggu, Samosir, pada 2015, dan kemudian membangun kuburan leluhur mereka itu. (Foto: tabloid Pos Roha/reproduksi) Kata batak , dengan huruf b kecil, dalam ragam bahasa sastra memiliki makna ‘petualang’ atau ‘pengembara’, dan kata turunan membatak berarti ‘bertualang’ atau ‘mengembara’. Klan besar Gultom juga melanglang hingga beranak pinak di pelbagai wilayah, seperti halnya marga Batak Toba yang lain. [Baca juga: Miranda Gultom Bicara Marga, Gelar Sarjana, dan Suara Keras Orang Batak

Bupati Toba Bersih dari Korupsi, tapi Kinerja Nol

BALIGE, Batak Raya—Pada sidang paripurna DPRD Kabupaten Toba, Fraksi PKB memuji Bupati Poltak Sitorus “bersih dari korupsi.” Namun, dalam wawancara Batak Raya , fraksi itu mengecam dugaan suap proyek di beberapa jawatan, dan menilai kinerja Bupati hanya “omong kosong, tidak ada perkembangan.” Sabaruddin Tambunan, anggota DPRD Kabupaten Toba. (Foto: Jarar Siahaan) Barangkali ini kali pertama terjadi di Indonesia: seorang bupati dipastikan tidak pernah terlibat korupsi, dan yang memastikan ialah pihak DPRD, tetapi si bupati juga dinilai tidak becus bekerja. Pujian setinggi langit ini ditujukan kepada Bupati Toba, Poltak Sitorus, yang dirilis dalam pandangan umum Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) DPRD Kabupaten Toba pada sidang paripurna tentang rancangan peraturan daerah APBD Perubahan tahun anggaran 2023 di gedung DPRD di Balige, 18 September 2023. “Saudara Bupati kami lihat dan telusuri benar-benar bersih dari unsur korupsi,” begitu bunyi pendapat Fraksi PKB dalam rapat paripurna.