Langsung ke konten utama

Edison Sinaga Bakal Calon Bupati Samosir

PANGURURAN, Batak Raya—Edison Sinaga, putra Samosir kelahiran 1967, menjadi bakal calon Bupati Samosir periode 2024–2029.

Edison Sinaga dalam sebuah acara di Pangururan, Samosir, 2023. (Foto: Hayun Gultom)

Pada tahun 2023, nama Edison Sinaga sudah disebut-sebut sebagai salah satu bakal calon Bupati Samosir yang akan maju pada pilkada 2024.

Kabar itu ternyata benar, Edison Sinaga sudah mendaftar sebagai bakal calon bupati ke Partai Golkar Kabupaten Samosir. Dia juga sudah mengambil  formulir dari PDI-P, Partai Perindo, Partai Demokrat, dan PKB.

Pengambilan formulir diwakilkan kepada keluarganya di Samosir, karena sepekan lalu dia tengah sibuk mengikuti ujian Pendidikan Pimpinan Tingkat Nasional di Jakarta. Tetapi, kata Edison kepada Batak Raya, untuk penyampaian formulir nantinya ke sejumlah parpol, dia akan datang langsung ke Samosir.

SIAPA EDISON SINAGA?

Edison Sinaga memulai pendidikan dasar dan menengah di sekolah pertamina pada tahun 1974 di Pangkalan Brandan, kemudian SMA Santo Thomas 2 Medan pada 1983. Lalu tahun 1986 dia kuliah pada jurusan Teknik Kimia di Institut Teknologi Bandung.

Setelah meraih gelar insinyur dari ITB, tahun 1992 sampai 1993, dia bekerja di PT Pupuk Kalimantan Timur sebagai Process Engineer, yang menyiapkan perencanaan material di pabrik. Dia juga bertugas melaporkan produksi harian, konsumsi uap, konsumsi daya, dan laporan kegagalan untuk pabrik UFC.

Tahun 1993 sampai 1994, Edison Sinaga bekerja di PT Fajar Mas Murni sebagai Technical Sales and Applicant Engineer. Di sana dia berperan mendukung aktivitas penjualan untuk Haldor Topsoe, Denmark, serta menyiapkan aktivasi katalis dan reduksi katalis.

Pada tahun 1994 sampai 2000, Edison Sinaga bekerja sebagai Business Development Manager di Imperial Chemical Industry (ICI), perusahaan kimia terbesar di Inggris.

Kemudian pada 2000 sampai 2010, dia bekerja pada sektor pertambangan minyak, gas, dan petrokimia, yaitu di perusahaan multinasional Dialog Sdn. Bhd., yang berkantor pusat di Kuala Lumpur, Malaysia. Di perusahaan besar itu dia menjabat Country Director Malaysia dan Indonesia untuk Inggris, Timur Tengah, dan India.

Dengan pengalaman di dunia usaha migas selama 10 tahun di Inggris, Edison pun mendirikan perusahaannya sendiri di Indonesia, yaitu PT Dwi Lestari Nusantara (DLN), yang juga bergerak di bidang migas. Pada 2011, dia kembali ke Jakarta untuk menjalankan kerjanya selaku President Director PT DLN.

Tidak berpuas diri dengan pengalaman kerja puluhan tahun pada perusahaan migas, Edison Sinaga masih terus menimba ilmu di perguruan tinggi. Mulai tahun 2022 sampai sekarang dia kuliah di Universitas Indonesia untuk meraih magister manajemen.

Sebagai putra Samosir bermarga Sinaga, Edison juga aktif dalam organisasi marga Sinaga. Pada 2018, dia menjadi bendahara Parsadaan Pomparan Toga Sinaga dan Boru (PPTSB), lalu terpilih menjadi ketua umum sejak 2022 sampai sekarang.

Dia juga tercatat sebagai pengurus di organisasi Persatuan Inteligensia Kristen Indonesia (PIKI) sebagai Ketua Departemen Sumber Daya Alam.

BIODATA

Nama: Ir. Edison Sinaga
Tempat, tanggal lahir: Pangkalan Brandan, 27 Mei 1967
Istri: Reny boru Siagian
Alamat: Jalan Krakatau No. 12, Perum Bukit Permai, Cibubur, Jakarta Timur

Pengalaman pekerjaan:
-1992: Pupuk Kalimantan Timur, Indonesia
-1993: Fajar Mas Murni, Indonesia
-1994-2000: ICI plc, Technical and Business Development for Indonesia and Malaysia; territory United Kingdom, Singapore, Middle East, and India
-2000-2010: Dialog Sdn. Bhd., Country Director for Indonesia; additional territory Singapore, Malaysia, Thailand, Vietnam, Australia, USA
-2011-sekarang: pemilik PT Dwi Lestari Nusantara

Falsafah hidup: differentiate yourself (bedakan diri Anda)

❑INFORIAL

Postingan populer dari blog ini

Pantas Sitindaon: Hanya PDIP yang Bisa Memperbaiki Samosir

PANGURURAN, Batak Raya—Pantas Sitindaon, bakal calon Bupati Samosir 2024-2029, mendaftarkan diri hanya ke PDIP dan tidak mau ke partai politik yang lain. Pantas Sitindaon berziarah ke Siborunaitang di Pangururan. (Foto: Hayun Gultom) Pantas, pengacara dari Surabaya yang lahir di Sibualbual, Desa Pardomuan, Kecamatan Onanrunggu, mendatangi kantor DPC PDI Perjuangan pada Senin, 13 Mei 2024, di Jalan Putri Lopian, Pangururan, untuk mendaftarkan diri sebagai bakal calon Bupati Samosir. Dia datang bersama dengan beberapa tokoh masyarakat marga Naibaho, dan disambut oleh ketua dan pengurus DPC PDIP. Pantas Sitindaon (56) mengatakan dia hanya mendaftarkan diri ke PDIP, dan takkan pergi ke parpol lain. Alasannya, karena PDIP di Kabupaten Samosir memenuhi syarat untuk mengusung calon bupati tanpa harus berkoalisi dengan parpol lain. Selain itu, katanya, karena hanya PDIP-lah partai yang dapat memperbaiki Samosir. “Satu perahu saja sudah bisa. Saya fokus hanya pada PDIP,” kata Pantas, yang tidak

Edison Sinaga Mendaftarkan Diri ke PKB Samosir

PANGURURAN, Batak Raya—Ir. Edison Sinaga, pengusaha migas di Jakarta, mendaftarkan diri menjadi bakal calon Bupati Samosir periode 2024–2029 ke Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Tim dari Jakarta mendaftarkan Edison Sinaga sebagai balon Bupati Samosir ke kantor DPC PKB di Pangururan, Sabtu, 11 Mei. (Foto: Hayun Gultom) Pada Sabtu, 11 Mei, yang merupakan hari terakhir penjaringan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Samosir di DPC PKB Kabupaten Samosir, salah satu kandidat bupati, Ir. Edison Sinaga, telah mendaftarkan diri melalui timnya yang datang dari Jakarta. Tim yang terdiri atas Joko Sinaga, Aleksander Manik, dan Lauren boru Sihombing itu berkoordinasi dengan tim sukses di Kabupaten Samosir, Ridwan Sinaga. Mereka membawa berkas pendaftaran atas nama Edison Sinaga ke kantor DPC PKB di Pangururan, yang diterima oleh Ketua DPC PKB Kabupaten Samosir, Nasip Simbolon. Menurut Joko Sinaga, sedianya Edison Sinaga akan datang langsung ke Pangururan untuk mendaftarkan diri ke PKB. Tapi karena