Langsung ke konten utama

Diskon 50 Persen Beras, Gula, Telur, Bayar Pakai Sampah

Laguboti, Batak Raya — Bazar murah sedang berlangsung di Kecamatan Laguboti, Kabupaten Toba, Provinsi Sumatra Utara. Kebutuhan pokok berupa beras, gula pasir, minyak goreng, dan telur dijual dengan potongan harga 50 persen. Masyarakat pun bisa membelinya tanpa uang, tetapi dengan sampah nonorganik.

Wabup Toba membuka bazar murah sembako di Laguboti. (Foto: Tito Sinaga, Diskominfo Toba)

Dalam bazar murah ini beras 5 kg dijual hanya Rp30.000 dari harga normal Rp60.000, gula pasir 1 kg hanya Rp7.500 dari harga normal Rp15.000, minyak goreng kemasan hanya Rp11.000 dari harga normal Rp22.000, dan telur 1 tray (30 butir) hanya Rp23.000 dari harga normal Rp46.000.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada PT TEP, Bank Sampah Bersinar Bandung, dan juga Bank Sampah Tarhilala yang telah mendukung adanya bazar ini. Mari kita menyosialisasikan bank sampah agar masyarakat lebih memahami bahwa sampah bisa ditukar di bank sampah,” kata Wakil Bupati Toba, Tonny M. Simanjuntak, ketika membuka bazar murah di Laguboti, Rabu, 18 Mei 2022. Dia juga mengajak masyarakat menyuarakan slogan “sampahku tanggung jawabku, sampahmu tanggung jawabmu.”

Menurut Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Toba, Rajaipan Sinurat, inovasi bazar murah dengan alat tukar sampah nonorganik ini baru pertama kali diadakan di Toba.

Acara pembukaan bazar murah ini dihadiri oleh beberapa pejabat Pemkab Toba, antara lain Staf Ahli Bupati Bidang Pendidikan, Darwin Sianipar; plt. Asisten Pemerintahan, Eston Sihotang; plt. Asisten Administrasi Umum, Ferry Napitupulu; dan Kabag Pembangunan, Rihat Pasaribu.

// Sumber: siaran pers Chichiyanti Banuarea, Diskominfo Toba

Postingan populer dari blog ini

Siapa pun Bupati Samosir, Sitiotio Tetap Dianaktirikan

Sitiotio, Batak Raya — Marojahan Sinaga, penduduk Desa Sabulan, Kecamatan Sitiotio, Samosir, Sumatra Utara, kecewa berat terhadap Pemerintah Kabupaten Samosir yang sedari dulu tidak menyeriusi pembangunan prasarana di Sitiotio. “Sebenarnya kalau disuruh memilih, kami lebih baik masuk Kabupaten Humbang daripada Kabupaten Samosir,” kata Marojahan kepada Batak Raya di Pangururan, Januari 2023. J.M.T. Pandiangan, perantau Sitiotio yang berdomisili di Kalimantan, difoto Batak Raya pada Januari 2023 di Samosir. (Foto: Hayun Gultom) Semenjak Kabupaten Samosir berdiri 19 tahun lalu hingga saat ini, Sitiotio merupakan kecamatan yang pembangunannya paling terbelakang dari sembilan kecamatan di Kabupaten Samosir. Fasilitas umum di Sitiotio, seperti jalan beraspal, lampu jalan, dan air leding, sangat terbatas, bahkan nyaris nihil. Jalan antardesa pun masih banyak yang tidak layak untuk dilintasi sepeda motor, apalagi mobil. Sitiotio juga sering disebut sebagai daerah buangan bagi aparatur sipil n

Wakil Bupati Samosir: Kalau Saya Jawab, Bungkam Semua, Pasti!

Pangururan, Batak Raya — “Rencana kerja tahunan PUPR itu ada enggak long beach ? Itu yang perlu diketahui. Tapi, kebetulan Kepala Dinas PUPR tidak hadir,” kata Wakil Bupati Samosir, Martua Sitanggang, saat mulai menjawab pertanyaan para wartawan dalam jumpa pers di aula kantor Bupati Samosir di Jalan Rianiate, Pangururan, Kabupaten Samosir, Provinsi Sumatra Utara, 26 April 2022. Dari kiri, Bupati Vandiko Gultom, Wakil Bupati Martua Sitanggang, dan Pj. Sekda Hotraja Sitanggang dalam acara jumpa pers. (Foto: Hayun Gultom) Berikut jawaban Wakil Bupati Samosir selengkapnya yang dicatat oleh Batak Raya. Ada RPJMD, ada lagi kerja tahunan. Seluruh SKPD ada itu. Perencanaan yang baik itu pasti hasilnya baik. Tetapi, kalau perencanaan itu sembrono, hasilnya pun tidak akan baik. Bisa catat itu. Jadi, masalah long beach itu, sepuluh program prioritas Kabupaten Samosir, ada memang di situ peningkatan pariwisata. Cuma, detailnya setiap tahun anggaran harus dibedah di seluruh SKPD. Adakah itu? Ini