Langsung ke konten utama

Dua Usulan Bupati Samosir Langsung Ditanggapi Menteri Luhut Panjaitan

Laguboti, Batak Raya—Dalam rapat terbatas Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan, bersama dengan para bupati sekawasan Danau Toba di kampus Institut Teknologi Del di Laguboti, Kabupaten Toba, Sumatra Utara, 20 Juli 2022, Bupati Samosir, Vandiko Gultom, mengajukan beberapa usulan kepada Menteri Luhut Binsar Panjaitan, dan dua di antaranya langsung direspons oleh Menteri.

Bupati Vandiko Gultom (pakai masker hitam) dalam rapat bersama dengan Menteri Luhut Panjaitan. (Foto: Dinas Kominfo Samosir)

Dalam rapat tentang Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Danau Toba itu Bupati Samosir mengusulkan sistem penyediaan air minum di Pulau Samosir dengan memanfaatkan air baku dari Air Terjun Sitapigagan di Kecamatan Sianjurmulamula, dan pembangunan aplikasi E-tiket kapal penyeberangan untuk mengurai antrean di dermaga di Danau Toba.

Kedua usulan tersebut direspons oleh Menko Luhut Panjaitan pada saat itu juga. Dia langsung membicarakan penyediaan air minum via telepon dengan Menteri PUPR, dan menyampaikannya kepada Kepala Balai Cipta Karya dan Kepala BWS Sumatra II, yang turut hadir dalam rapat. Perihal aplikasi E-tiket, Menteri juga langsung memerintahkan Dirjen Perhubungan Darat, Hendro Sugiatno, agar aplikasi tersebut sudah bisa diluncurkan paling lambat 17 Agustus 2022.


Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, meluncurkan Toyota EV Smart Mobility Lake Toba di Batu Hoda Beach, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir, 19 Juli 2022, untuk mendukung program wisata ramah lingkungan dan menuju nol emisi karbon pada tahun 2060. Dalam hal ini Samosir merupakan daerah kedua, setelah Nusa Dua di Bali, yang menjadi lokasi peluncuran mobil elektrik.

Dalam acara peluncuran tersebut Gubernur Sumatra Utara, Edy Rahmayadi, mengucapkan terima kasih kepada Toyota. “Kabupaten Samosir merupakan salah satu wilayah teritorial dari 33 kabupaten/kota yang ada di Provinsi Sumut. Kiranya program ini dapat dikembangkan untuk mempercepat pengurangan emisi karbon dan polusi udara,” kata Gubernur.

Besoknya, 20 Juli 2022, Menteri Sandiaga Uno meninjau pelatihan ekonomi kreatif di Pantai Indah Situngkir. Dalam kegiatan itu warga desa dilatih memanfaatkan bahan-bahan dan limbah untuk dijadikan barang seni yang memiliki nilai ekonomi.

Sesudah itu, Menteri Sandiaga Uno menghadiri acara Kampanye Sadar Wisata (KSW) di Desa Ambarita, salah satu dari 65 desa wisata yang ada di Indonesia.


Rombongan Women 20 (W20) Summit dari 20 negara, yang dipimpin oleh President of International Council of Women, Martina Marrabel, mengunjungi objek wisata Batu Kursi di Huta Siallagan, Kabupaten Samosir, 19 Juli 2022, setelah menabur 30.000 bibit ikan di Danau Toba bersama dengan Bupati Vandiko Gultom.

Bupati menjelaskan kepada delegasi W20 bahwa Pulau Samosir dan Danau Toba terbentuk dari letusan Gunung Toba pada 74.000 ribu tahun silam. Letusan terbesar dalam sejarah gunung berapi di dunia itu membentuk kaldera, yaitu Danau Toba, danau vulkanis terbesar di dunia.

Bupati Samosir juga menjelaskan kepada W20 tentang peran perempuan, kaum ibu, dalam masyarakat Batak. “Wanita Batak adalah panutan yang luar biasa, bekerja keras demi kebutuhan anak, pendidikannya. Wanita Batak adalah kebanggaan bagi kami. Demikian halnya dengan kunjungan delegasi Women 20 ini merupakan kehormatan bagi masyarakat Kabupaten Samosir, dan kalian merupakan orang-orang hebat bagi kami,” kata Bupati Vandiko Gultom.


Bupati Samosir bersama dengan Ketua TP PKK Pusat, Tri Tito Karnavian. (Foto: Dinas Kominfo Samosir)

Ketua TP PKK Pusat, Tri Tito Karnavian, melakukan supervisi ke Hutaraja, Kabupaten Samosir, 21 Juli 2022. Di sana dia mengingatkan agar petugas posyandu tetap siaga melayani masyarakat, dan supaya ibu hamil sering melakukan pemeriksaan kesehatan di posyandu.

Selain itu, dia juga meminta kaum ibu mengawasi anak-anaknya dalam penggunaan telepon seluler yang berlebihan, termasuk aplikasi gim video, yang memiliki dampak buruk bagi karakter dan tumbuh kembang anak. ❑

Sumber berita: siaran pers Dinas Kominfo Kabupaten Samosir

Postingan populer dari blog ini

Siapa pun Bupati Samosir, Sitiotio Tetap Dianaktirikan

Sitiotio, Batak Raya — Marojahan Sinaga, penduduk Desa Sabulan, Kecamatan Sitiotio, Samosir, Sumatra Utara, kecewa berat terhadap Pemerintah Kabupaten Samosir yang sedari dulu tidak menyeriusi pembangunan prasarana di Sitiotio. “Sebenarnya kalau disuruh memilih, kami lebih baik masuk Kabupaten Humbang daripada Kabupaten Samosir,” kata Marojahan kepada Batak Raya di Pangururan, Januari 2023. J.M.T. Pandiangan, perantau Sitiotio yang berdomisili di Kalimantan, difoto Batak Raya pada Januari 2023 di Samosir. (Foto: Hayun Gultom) Semenjak Kabupaten Samosir berdiri 19 tahun lalu hingga saat ini, Sitiotio merupakan kecamatan yang pembangunannya paling terbelakang dari sembilan kecamatan di Kabupaten Samosir. Fasilitas umum di Sitiotio, seperti jalan beraspal, lampu jalan, dan air leding, sangat terbatas, bahkan nyaris nihil. Jalan antardesa pun masih banyak yang tidak layak untuk dilintasi sepeda motor, apalagi mobil. Sitiotio juga sering disebut sebagai daerah buangan bagi aparatur sipil n

Wakil Bupati Samosir: Kalau Saya Jawab, Bungkam Semua, Pasti!

Pangururan, Batak Raya — “Rencana kerja tahunan PUPR itu ada enggak long beach ? Itu yang perlu diketahui. Tapi, kebetulan Kepala Dinas PUPR tidak hadir,” kata Wakil Bupati Samosir, Martua Sitanggang, saat mulai menjawab pertanyaan para wartawan dalam jumpa pers di aula kantor Bupati Samosir di Jalan Rianiate, Pangururan, Kabupaten Samosir, Provinsi Sumatra Utara, 26 April 2022. Dari kiri, Bupati Vandiko Gultom, Wakil Bupati Martua Sitanggang, dan Pj. Sekda Hotraja Sitanggang dalam acara jumpa pers. (Foto: Hayun Gultom) Berikut jawaban Wakil Bupati Samosir selengkapnya yang dicatat oleh Batak Raya. Ada RPJMD, ada lagi kerja tahunan. Seluruh SKPD ada itu. Perencanaan yang baik itu pasti hasilnya baik. Tetapi, kalau perencanaan itu sembrono, hasilnya pun tidak akan baik. Bisa catat itu. Jadi, masalah long beach itu, sepuluh program prioritas Kabupaten Samosir, ada memang di situ peningkatan pariwisata. Cuma, detailnya setiap tahun anggaran harus dibedah di seluruh SKPD. Adakah itu? Ini