Langsung ke konten utama

Dua Usulan Bupati Samosir Langsung Ditanggapi Menteri Luhut Panjaitan

Laguboti, Batak Raya—Dalam rapat terbatas Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan, bersama dengan para bupati sekawasan Danau Toba di kampus Institut Teknologi Del di Laguboti, Kabupaten Toba, Sumatra Utara, 20 Juli 2022, Bupati Samosir, Vandiko Gultom, mengajukan beberapa usulan kepada Menteri Luhut Binsar Panjaitan, dan dua di antaranya langsung direspons oleh Menteri.

Bupati Vandiko Gultom (pakai masker hitam) dalam rapat bersama dengan Menteri Luhut Panjaitan. (Foto: Dinas Kominfo Samosir)

Dalam rapat tentang Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Danau Toba itu Bupati Samosir mengusulkan sistem penyediaan air minum di Pulau Samosir dengan memanfaatkan air baku dari Air Terjun Sitapigagan di Kecamatan Sianjurmulamula, dan pembangunan aplikasi E-tiket kapal penyeberangan untuk mengurai antrean di dermaga di Danau Toba.

Kedua usulan tersebut direspons oleh Menko Luhut Panjaitan pada saat itu juga. Dia langsung membicarakan penyediaan air minum via telepon dengan Menteri PUPR, dan menyampaikannya kepada Kepala Balai Cipta Karya dan Kepala BWS Sumatra II, yang turut hadir dalam rapat. Perihal aplikasi E-tiket, Menteri juga langsung memerintahkan Dirjen Perhubungan Darat, Hendro Sugiatno, agar aplikasi tersebut sudah bisa diluncurkan paling lambat 17 Agustus 2022.


Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, meluncurkan Toyota EV Smart Mobility Lake Toba di Batu Hoda Beach, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir, 19 Juli 2022, untuk mendukung program wisata ramah lingkungan dan menuju nol emisi karbon pada tahun 2060. Dalam hal ini Samosir merupakan daerah kedua, setelah Nusa Dua di Bali, yang menjadi lokasi peluncuran mobil elektrik.

Dalam acara peluncuran tersebut Gubernur Sumatra Utara, Edy Rahmayadi, mengucapkan terima kasih kepada Toyota. “Kabupaten Samosir merupakan salah satu wilayah teritorial dari 33 kabupaten/kota yang ada di Provinsi Sumut. Kiranya program ini dapat dikembangkan untuk mempercepat pengurangan emisi karbon dan polusi udara,” kata Gubernur.

Besoknya, 20 Juli 2022, Menteri Sandiaga Uno meninjau pelatihan ekonomi kreatif di Pantai Indah Situngkir. Dalam kegiatan itu warga desa dilatih memanfaatkan bahan-bahan dan limbah untuk dijadikan barang seni yang memiliki nilai ekonomi.

Sesudah itu, Menteri Sandiaga Uno menghadiri acara Kampanye Sadar Wisata (KSW) di Desa Ambarita, salah satu dari 65 desa wisata yang ada di Indonesia.


Rombongan Women 20 (W20) Summit dari 20 negara, yang dipimpin oleh President of International Council of Women, Martina Marrabel, mengunjungi objek wisata Batu Kursi di Huta Siallagan, Kabupaten Samosir, 19 Juli 2022, setelah menabur 30.000 bibit ikan di Danau Toba bersama dengan Bupati Vandiko Gultom.

Bupati menjelaskan kepada delegasi W20 bahwa Pulau Samosir dan Danau Toba terbentuk dari letusan Gunung Toba pada 74.000 ribu tahun silam. Letusan terbesar dalam sejarah gunung berapi di dunia itu membentuk kaldera, yaitu Danau Toba, danau vulkanis terbesar di dunia.

Bupati Samosir juga menjelaskan kepada W20 tentang peran perempuan, kaum ibu, dalam masyarakat Batak. “Wanita Batak adalah panutan yang luar biasa, bekerja keras demi kebutuhan anak, pendidikannya. Wanita Batak adalah kebanggaan bagi kami. Demikian halnya dengan kunjungan delegasi Women 20 ini merupakan kehormatan bagi masyarakat Kabupaten Samosir, dan kalian merupakan orang-orang hebat bagi kami,” kata Bupati Vandiko Gultom.


Bupati Samosir bersama dengan Ketua TP PKK Pusat, Tri Tito Karnavian. (Foto: Dinas Kominfo Samosir)

Ketua TP PKK Pusat, Tri Tito Karnavian, melakukan supervisi ke Hutaraja, Kabupaten Samosir, 21 Juli 2022. Di sana dia mengingatkan agar petugas posyandu tetap siaga melayani masyarakat, dan supaya ibu hamil sering melakukan pemeriksaan kesehatan di posyandu.

Selain itu, dia juga meminta kaum ibu mengawasi anak-anaknya dalam penggunaan telepon seluler yang berlebihan, termasuk aplikasi gim video, yang memiliki dampak buruk bagi karakter dan tumbuh kembang anak. ❑

Sumber berita: siaran pers Dinas Kominfo Kabupaten Samosir

Postingan populer dari blog ini

Verisa Sinaga: Kita “Memberontak,” Sayalah Ketua PKK Samosir Nanti

ADVERTORIAL— Freddy Situmorang , bakal calon Bupati Samosir dari PDI Perjuangan, punya keunggulan yang takada pada diri petahana Bupati Vandiko Gultom, yaitu bahwa Freddy memiliki seorang istri, pasangan hidup yang dicintainya, sedangkan Vandiko masih membujang, tidak punya istri. Dalam konteks politik pilkada, status beristri dan takberistri ini signifikan, karena bisa dimanfaatkan untuk meraih suara, khususnya suara kalangan perempuan. Dari kiri: Andreas Simbolon, Rapidin Simbolon, Freddy Situmorang, dan Verisa Sinaga dalam acara politik di depan seribu warga di Desa Tomok Parsaoran, Kabupaten Samosir, 18 Juli. (Foto: Energi Baru Samosir) Istri Freddy Paulus Situmorang adalah seorang boru Sinaga, yang bernama lengkap Verisa Margret Subara. Menurut salah satu kerabat Verisa, Subara adalah akronimi dari Sinaga Uruk Barita Raja, yang berasal dari Desa Sirait, Kecamatan Palipi, Kabupaten Samosir. Nama “Verisa” sendiri mengandung makna yang bagus. “Gemar membantu dan praktis. Dia setia, m

Siska Ambarita Mengecam Korupnya Rezim Bupati Samosir

BATAK RAYA, Pangururan—Dari 25 anggota DPRD Kabupaten Samosir, hanya Siska Ambarita yang mau berpidato dalam sidang paripurna, 22 Juli, mengkritik buruknya kinerja pemerintahan Bupati Vandiko Gultom. Kecuali Siska dari PDIP, semua wakil rakyat lainnya cuma diam duduk manis. Siska Ambarita berpidato menyampaikan tanggapan umum dalam rapat paripurna DPRD Kabupaten Samosir, 22 Juli. Ketegasan Siska Ambarita, anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kabupaten Samosir, ini terjadi dalam rapat paripurna pembahasan rancangan perda tentang Penyelenggaraan Perlindungan Anak dan Perempuan serta sekaligus perda soal pertanggungjawaban APBD Kabupaten Samosir tahun anggaran 2023 di gedung DPRD Samosir, Senin, 22 Juli 2024. BELASAN MASALAH YANG KORUP Setidaknya ada belasan masalah bersifat korup di jajaran Pemkab Samosir yang dikecam oleh Siska Ambarita, dan itu tidak hanya terkait dengan APBD 2023, tapi juga masalah dalam APBD 2022 yang tidak kunjung dituntaskan oleh Pemkab. “Saya ingin menyampaikan bebe

Edison Sinaga Bakal Calon Bupati Samosir

PANGURURAN, Batak Raya—Edison Sinaga, putra Samosir kelahiran 1967, menjadi bakal calon Bupati Samosir periode 2024–2029. Edison Sinaga dalam sebuah acara di Pangururan, Samosir, 2023. (Foto: Hayun Gultom) Pada tahun 2023, nama Edison Sinaga sudah disebut-sebut sebagai salah satu bakal calon Bupati Samosir yang akan maju pada pilkada 2024. Kabar itu ternyata benar, Edison Sinaga sudah mendaftar sebagai bakal calon bupati ke Partai Golkar Kabupaten Samosir. Dia juga sudah mengambil  formulir dari PDI-P, Partai Perindo, Partai Demokrat, dan PKB. Pengambilan formulir diwakilkan kepada keluarganya di Samosir, karena sepekan lalu dia tengah sibuk mengikuti ujian Pendidikan Pimpinan Tingkat Nasional di Jakarta. Tetapi, kata Edison kepada Batak Raya , untuk penyampaian formulir nantinya ke sejumlah parpol, dia akan datang langsung ke Samosir. SIAPA EDISON SINAGA? Edison Sinaga memulai pendidikan dasar dan menengah di sekolah pertamina pada tahun 1974 di Pangkalan Brandan, kemudian SMA Santo T