Langsung ke konten utama

Polten Simbolon: Semua Suka-Suka Bupati Samosir

PANGURURAN, Batak Raya—Polten Simbolon, anggota DPRD Kabupaten Samosir, mengecam Bupati Vandiko Timoteus Gultom karena anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), yang digaji dengan APBD Samosir, masih terus ditugasi menjaga Hotel Vantas yang diduga milik keluarga Bupati.

Polten Simbolon, anggota DPRD Samosir. (Foto: pribadi)

“Ini sudah berlebihan, mengapa Satpol PP harus menjaga Hotel Vantas, yang jelas merupakan bisnis pribadi. Ini bukan lagi tempat tinggal Bupati seperti saat rumah dinas sedang direnovasi,” kata Polten Simbolon dalam wawancara per telepon dengan wartawan, 22 Agustus 2023.

Sebelum Vandiko Gultom menempati rumah dinas Bupati Samosir di Tajur, Pangururan, pada Desember 2022 silam, Pemkab Samosir menyewa beberapa ruangan di Hotel Vantas sebagai tempat tinggal Bupati, karena rumah dinas sedang direnovasi. Selama Bupati Vandiko tinggal di “hotel dinas sementara” tersebut, dia mendapat pelbagai fasilitas selaku kepala daerah, antara lain pengawalan oleh petugas Satpol PP. Selama 24 jam saban hari aparat Satpol PP bergantian menjaga Bupati di Hotel Vantas.

Akan tetapi, meskipun saat ini Bupati Vandiko telah kembali ke rumah instansi di Tajur, anggota Satpol PP masih tetap ditempatkan di Hotel Vantas untuk melaksanakan penjagaan setiap hari. Hal inilah yang dikritik oleh wakil rakyat Polten Simbolon dan dipertanyakan kepada Kepala Satpol PP Kabupaten Samosir, Rudimantho Limbong.

Menurut jawaban Rudimantho kepada Polten, Rudimantho sudah pernah mengusulkan kepada Bupati agar penugasan Satpol PP di Hotel Vantas dihentikan setelah Bupati mendiami rumah dinas di Tajur. Namun, Bupati menolaknya. Oleh karena itu, Rudimantho masih terus menugasi anggotanya menjaga Hotel Vantas hingga sekarang.

Bagi Polten Simbolon, jawaban Rudimantho itu tidak masuk akal. “Seolah-olah tidak ada lagi aturan di Kabupaten Samosir ini, semua suka-suka Bupati,” kata Polten kepada wartawan. “Keputusan seperti ini membingungkan batas antara kepentingan pribadi dan kepentingan publik. Kami DPRD membutuhkan transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan pemerintahan daerah.”

Polten mengatakan bisa memahami bahwa Rudimantho Limbong “mungkin merasa terjebak di antara penegakan aturan dan tekanan politik.” Akan tetapi, kata Polten, “Sebagai pelayan masyarakat, tugas kita adalah melindungi kepentingan publik dan memastikan pemerintahan berjalan dengan benar. Tidak boleh ada ketakutan dalam menjalankan aturan.”

Polten Simbolon pun mengingatkan Bupati Samosir supaya tidak lagi memanfaatkan tenaga Satpol PP untuk menjaga Hotel Vantas, dan agar Bupati bekerja sesuai dengan aturan birokrasi. Bukan hanya itu, Polten juga meminta Badan Pemeriksa Keuangan mengaudit penggajian pegawai di jawatan Satpol PP Kabupaten Samosir.

Pada Februari 2023 lalu, Batak Raya sudah pernah bertanya kepada Bupati melalui Rudimantho Limbong perihal penugasan Satpol PP di Hotel Vantas ini. Kala itu Rudimantho menjawab bahwa Bupati Vandiko merespons dengan ucapan “tunggu dulu, jangan sekarang, nanti saya kabari.”

Kemudian pada 23 Agustus, Batak Raya kembali mengontak Rudimantho untuk meminta tanggapannya atas kritik Polten Simbolon. Saat itu Rudimantho berjanji akan memberikan penjelasan keesokan harinya. Namun, ternyata dia tidak juga menjawab pesan instan Batak Raya meskipun sudah bercentang biru, yang berarti sudah dibacanya.

Pertanyaan Batak Raya via pesan WhatsApp kepada Bupati Samosir dan Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Samosir beberapa hari lalu juga tidak direspons hingga 26 Agustus. ❑

Postingan populer dari blog ini

Freddy Situmorang kepada Jhony Naibaho: Kita Gas Pol, Rem Blong

PANGURURAN, BATAK RAYA — Jhony Naibaho menjadi ketua tim sukses Freddy Paulus Situmorang, bakal calon Bupati Samosir pada pilkada 2024. Awalnya Freddy diduga cuma “cek ombak”, tapi sekarang “sudah berselancar di atas ombak.” Dari kiri: Mangoloi Sinaga, Jhony Naibaho, Freddy Situmorang, Ebenezer Situmorang, dan Jabiat Sagala. FOTO: HAYUN GULTOM Bakal calon Bupati Samosir yang sudah mendaftarkan diri ke PDI Perjuangan, Freddy Situmorang, mengukuhkan Jhony Naibaho sebagai ketua tim pemenangan tingkat kabupaten, Selasa, 18 Juni 2024, di Hotel Hadorassa, Desa Buntumauli, Kecamatan Sitiotio. Jhony Naibaho adalah politikus senior PDIP yang disegani karena idealisme dan integritasnya yang jauh dari sifat koruptif. Dia juga mantan ketua DPRD Samosir dan mantan anggota DPRD Toba Samosir. BACA:  Mantan Ketua DPRD yang Miskin dan Banyak Utang Dalam acara pelantikan itu, Freddy langsung memberi tugas kepada Jhony agar segera membentuk tim pemenangan di setiap desa yang ada di seluruh kecamatan se-K

Edison Sinaga Bakal Calon Bupati Samosir

PANGURURAN, Batak Raya—Edison Sinaga, putra Samosir kelahiran 1967, menjadi bakal calon Bupati Samosir periode 2024–2029. Edison Sinaga dalam sebuah acara di Pangururan, Samosir, 2023. (Foto: Hayun Gultom) Pada tahun 2023, nama Edison Sinaga sudah disebut-sebut sebagai salah satu bakal calon Bupati Samosir yang akan maju pada pilkada 2024. Kabar itu ternyata benar, Edison Sinaga sudah mendaftar sebagai bakal calon bupati ke Partai Golkar Kabupaten Samosir. Dia juga sudah mengambil  formulir dari PDI-P, Partai Perindo, Partai Demokrat, dan PKB. Pengambilan formulir diwakilkan kepada keluarganya di Samosir, karena sepekan lalu dia tengah sibuk mengikuti ujian Pendidikan Pimpinan Tingkat Nasional di Jakarta. Tetapi, kata Edison kepada Batak Raya , untuk penyampaian formulir nantinya ke sejumlah parpol, dia akan datang langsung ke Samosir. SIAPA EDISON SINAGA? Edison Sinaga memulai pendidikan dasar dan menengah di sekolah pertamina pada tahun 1974 di Pangkalan Brandan, kemudian SMA Santo T

Muslihat Politik Jautir Simbolon

Politikus Jautir Simbolon adalah abang kandung dan sekaligus arsitek politik Rapidin Simbolon, mantan Bupati Samosir yang kini menjadi ketua PDI Perjuangan Sumatra Utara dan anggota DPR RI terpilih. Jautir memajukan adiknya itu pada pilkada Samosir 2005 biarpun sudah tahu pasti kalah; melarangnya mengikuti pilkada 2010 walau sudah cukup modal; dan membawanya hanya sebagai wakil bupati pengganti demi kemudahan meraih kemenangan pada pilkada 2015. Politikus Jautir Simbolon, abang kandung Rapidin Simbolon (kini jadi ketua PDIP Sumut), difoto di Pangururan, Kabupaten Samosir, Agustus 2016. FOTO: JARAR SIAHAAN/arsip tabloid Batak Raya Berita politik ini terbit pertama kali dalam tabloid Batak Raya edisi September 2016 dengan judul “Muslihat Politik Jautir Simbolon”, ditulis oleh Jarar Siahaan , yang kini menjadi editor dan konsultan redaksi media siber BatakRaya.com . * * * Dahulu pada masa pemerintahan kolonial Belanda di Kabupaten Samosir, Provinsi Sumatra Utara, kakek dari ayah Jautir Si