Langsung ke konten utama

Ada Agen Elpiji Baru Tidak Terdaftar di Pemkab Samosir

PANGURURAN, Batak Raya—Agen penyalur tabung gas elpiji di Kabupaten Samosir selama ini ada dua, yaitu PT Polten Sinar Agatha dan PT Samosir Anugerah Indogas. Kini muncul lagi satu agen baru, tetapi tidak terdaftar di Pemkab Samosir.

Mobil truk PT Samosir Mandiri Energi tiba di Pangururan pada Senin sore, 18 Desember 2023. (Foto: Hayun Gultom)

Agen elpiji baru itu bernama PT Samosir Mandiri Energi. Mobil truknya, yang mengangkut tabung gas 3 kg, sudah tiba kemarin sore, Senin, 18 Desember 2023, di Pangururan.

PT Polten Sinar Agatha pun mempertanyakan mengapa ada agen baru yang tidak terdaftar di Pemkab Samosir. Begitu juga halnya dengan PT Samosir Anugerah Indogas.

Menurut Rikardo Simanjorang dari PT Samosir Anugerah Indogas, tidak ada masalah baginya apabila ada pertambahan agen penyalur tabung gas di Kabupaten Samosir. Namun, katanya, hal itu mesti mengikuti aturan yang berlaku.

Dia mengatakan selama ini tidak ada kendala dalam hal penyaluran gas kepada masyarakat Samosir. “Kalaupun pernah terjadi kelangkaan gas, bukan karena kita tidak mampu mendistribusikan, tetapi karena kuotanya yang tidak mencukupi,” katanya.

Menurut Rikardo Simanjorang, di Kabupaten Samosir masih ada beberapa desa yang belum terjangkau pihaknya karena kondisi jalan yang buruk, dan hal itu sedang diupayakan.

“Tapi kuota untuk Kabupaten Samosir juga perlu ditambah,” katanya.

Dari keterangan Rikardo, saat ini Kabupaten Samosir tidak membutuhkan penambahan agen penyalur gas, melainkan penambahan kuota.

Soal munculnya agen baru PT Samosir Mandiri Energi, Batak Raya mendapat konfirmasi dari pihak PT Pertamina bernama Suhanda bahwa perusahaan itu telah memiliki izin untuk mendistribusikan tabung gas di Kabupaten Samosir.

Bahkan, menurut dia, PT Samosir Mandiri Energi sudah memiliki pangkalan di Kabupaten Samosir. “Mungkin sedang dibangun, tapi saya kurang tahu di mana,” kata Suhanda.

Seorang bernama Anto dari PT Samosir Mandiri Energi mengatakan perusahaan tersebut sudah punya izin serta terdaftar sebagai penyalur gas untuk wilayah Kabupaten Samosir, dan saat ini pihaknya masih sedang mencari lokasi untuk pangkalan.

Kepada Batak Raya via panggilan WhatsApp, dia menyebut tabung gas 3 kg yang mereka bawa dengan truk pada Senin kemarin akan diecer di Pangururan hingga malam hari.

Menurut Kepala Bidang Perekonomian Sekretariat Daerah Kabupaten Samosir, Tri Endis Manalu, masyarakat Samosir membutuhkan 3.282 metrik ton elpiji setiap tahun, atau setara dengan 1.167.000 tabung gas 3 kg.

Hingga akhir tahun 2023, katanya, kuota gas elpiji untuk Samosir masih tersedia sebanyak 219 metrik ton, dan jumlah tersebut masih cukup untuk kebutuhan masyarakat pada tahun ini.

“Kebutuhan elpiji kita aman. Tidak ada kendala,” kata Tri Endis Manalu kepada Batak Raya.

Polten Simbolon: PT Samosir Mandiri Energi takboleh mengecer langsung


[Pembaruan: setelah membaca berita di atas, salah satu anggota DPRD Kabupaten Samosir, Polten Simbolon, menyampaikan tanggapannya kepada Batak Raya pada Selasa pagi.]

Menurut Polten, agen elpiji PT Samosir Mandiri Energi telah merusak tata kelola penjualan tabung gas bersubsidi yang ditetapkan pemerintah. Karena itu, katanya, Pertamina dan Pemkab Samosir harus menegur atau memberi sanksi kepada agen baru tersebut.

Polten Simbolon mengatakan agen elpiji sebenarnya tidak boleh mengecer langsung kepada pembeli secara berkeliling.

Selain itu, dia menilai PT Samosir Mandiri Energi juga tidak mengikuti prosedur yang berlaku, seperti harus lebih dahulu mendirikan pangkalan di Samosir dan mendaftarkan diri kepada pemerintah setempat.

“Sebagai pengusaha elpiji di Samosir, saya sangat menyesalkan hal ini. Sebagai anggota DPRD, saya akan mengajukan pertanyaan kepada pemerintah pusat untuk segera mengambil tindakan tegas terhadap agen baru yang telah merusak tata kelola pendistribusian gas elpiji 3 kg bersubsidi,” kata Polten Simbolon. ❑

Postingan populer dari blog ini

Edison Sinaga Bakal Calon Bupati Samosir

PANGURURAN, Batak Raya—Edison Sinaga, putra Samosir kelahiran 1967, menjadi bakal calon Bupati Samosir periode 2024–2029. Edison Sinaga dalam sebuah acara di Pangururan, Samosir, 2023. (Foto: Hayun Gultom) Pada tahun 2023, nama Edison Sinaga sudah disebut-sebut sebagai salah satu bakal calon Bupati Samosir yang akan maju pada pilkada 2024. Kabar itu ternyata benar, Edison Sinaga sudah mendaftar sebagai bakal calon bupati ke Partai Golkar Kabupaten Samosir. Dia juga sudah mengambil  formulir dari PDI-P, Partai Perindo, Partai Demokrat, dan PKB. Pengambilan formulir diwakilkan kepada keluarganya di Samosir, karena sepekan lalu dia tengah sibuk mengikuti ujian Pendidikan Pimpinan Tingkat Nasional di Jakarta. Tetapi, kata Edison kepada Batak Raya , untuk penyampaian formulir nantinya ke sejumlah parpol, dia akan datang langsung ke Samosir. SIAPA EDISON SINAGA? Edison Sinaga memulai pendidikan dasar dan menengah di sekolah pertamina pada tahun 1974 di Pangkalan Brandan, kemudian SMA Santo T

Pantas Sitindaon: Hanya PDIP yang Bisa Memperbaiki Samosir

PANGURURAN, Batak Raya—Pantas Sitindaon, bakal calon Bupati Samosir 2024-2029, mendaftarkan diri hanya ke PDIP dan tidak mau ke partai politik yang lain. Pantas Sitindaon berziarah ke Siborunaitang di Pangururan. (Foto: Hayun Gultom) Pantas, pengacara dari Surabaya yang lahir di Sibualbual, Desa Pardomuan, Kecamatan Onanrunggu, mendatangi kantor DPC PDI Perjuangan pada Senin, 13 Mei 2024, di Jalan Putri Lopian, Pangururan, untuk mendaftarkan diri sebagai bakal calon Bupati Samosir. Dia datang bersama dengan beberapa tokoh masyarakat marga Naibaho, dan disambut oleh ketua dan pengurus DPC PDIP. Pantas Sitindaon (56) mengatakan dia hanya mendaftarkan diri ke PDIP, dan takkan pergi ke parpol lain. Alasannya, karena PDIP di Kabupaten Samosir memenuhi syarat untuk mengusung calon bupati tanpa harus berkoalisi dengan parpol lain. Selain itu, katanya, karena hanya PDIP-lah partai yang dapat memperbaiki Samosir. “Satu perahu saja sudah bisa. Saya fokus hanya pada PDIP,” kata Pantas, yang tidak

Edison Sinaga Mendaftarkan Diri ke PKB Samosir

PANGURURAN, Batak Raya—Ir. Edison Sinaga, pengusaha migas di Jakarta, mendaftarkan diri menjadi bakal calon Bupati Samosir periode 2024–2029 ke Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Tim dari Jakarta mendaftarkan Edison Sinaga sebagai balon Bupati Samosir ke kantor DPC PKB di Pangururan, Sabtu, 11 Mei. (Foto: Hayun Gultom) Pada Sabtu, 11 Mei, yang merupakan hari terakhir penjaringan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Samosir di DPC PKB Kabupaten Samosir, salah satu kandidat bupati, Ir. Edison Sinaga, telah mendaftarkan diri melalui timnya yang datang dari Jakarta. Tim yang terdiri atas Joko Sinaga, Aleksander Manik, dan Lauren boru Sihombing itu berkoordinasi dengan tim sukses di Kabupaten Samosir, Ridwan Sinaga. Mereka membawa berkas pendaftaran atas nama Edison Sinaga ke kantor DPC PKB di Pangururan, yang diterima oleh Ketua DPC PKB Kabupaten Samosir, Nasip Simbolon. Menurut Joko Sinaga, sedianya Edison Sinaga akan datang langsung ke Pangururan untuk mendaftarkan diri ke PKB. Tapi karena