Langsung ke konten utama

Mantan Pendukung Bupati Samosir: Kita Gantilah, Setuju?

PANGURURAN, Batak Raya — Para mantan pendukung Bupati Samosir, Vandiko Gultom, mengalihkan dukungan kepada bakal calon bupati Freddy Paulus Situmorang.

Freddy Situmorang menyanyi bersama warga pada HUT ormas KoMPaS, Jumat, di Pangururan. FOTO: JARAR SIAHAAN

Mereka menyampaikan sikap politik dalam acara perayaan HUT ke-3 Komunitas Masyarakat dan Perantau asal Samosir (KoMPaS), Jumat hari ini, 7 Juni 2024, di kompleks Hotel Dainang di Pangururan, Kabupaten Samosir.

Di hadapan sekitar dua ribu warga dari sejumlah kecamatan, Gaja Rumahorbo, tokoh masyarakat dari Desa Garoga, Kecamatan Simanindo, mengungkapkan rasa kecewanya terhadap Bupati Vandiko Gultom.

“Waktu pilkada kemarin, saya tim Vandiko. Tapi kulihat tidak ada pembangunan yang merata, tidak ada keadilan,” kata Gaja Rumahorbo. “Samosir ada sembilan kecamatan, memangnya Samosir hanya Onanrunggu?”

Ribuan hadirin, terlebih-lebih kaum ibu, spontan bangkit dari kursinya. Mereka mengacungkan tangan, berteriak, dan bertepuk tangan.

“Saya sudah menjalani beberapa desa, saya lihat tidak pernah mendapat pembangunan dari APBD. Jadi, maksudku, kita gantilah [Bupati Samosir]. Setuju?” kata Gaja Rumahorbo.

Lagi-lagi massa berdiri dan bertepuk tangan: “Setuju!”

Di panggung yang sama, puluhan kaum pria, antara lain aktivis dan pemborong, yang menamai diri Gerakan Transformasi Energi Baru, juga mengungkapkan kekecewaan terhadap Bupati Vandiko.

“Kami adalah perkumpulan para mantan pendukung Bupati Samosir pada pilkada lalu,” kata Hamonangan Simbolon, yang membacakan pernyataan sikap Gerakan Transformasi Energi Baru. “Kami adalah deretan gerbong yang berpindah kepada lokomotif Energi Baru, Freddy Situmorang.”

Hadirin langsung bertepuk tangan dan berteriak, “Ganti bupati! Cukup satu periode!”

“Kami menyadari perjalanan kita mungkin berbeda di awalnya. Namun, dari kekecewaan terhadap pemerintahan yang tidak menepati janji, kami bangkit dan membentuk Gerakan Transformasi Energi Baru. Kini kita berada di jalur yang sama, bersatu dalam tujuan yang mulia: mewujudkan perubahan positif bagi Kabupaten Samosir,” kata Hamonangan Simbolon.

Dia juga mengatakan kolaborasi antara Energi Baru dengan KoMPaS menjadi simbol harapan baru bagi masyarakat Samosir.

“Bersama-sama kita mendukung Freddy Paulus Situmorang sebagai pemimpin yang membawa Samosir menuju masa depan yang lebih cerah, lebih adil, dan lebih sejahtera, juga lebih bermartabat,” kata Hamonangan Simbolon.


Hingga berita ini diterbitkan Batak Raya pada Jumat sore, acara HUT ormas KoMPaS masih berlangsung. Ribuan massa juga belum pulang.

Mantan Bupati Tapanuli Utara, Nikson Nababan, yang kini menjadi bakal calon Gubernur Sumatra Utara, turut hadir. Dia sempat berpidato, menyanyikan beberapa lagu, dan menyumbangkan uang tunai Rp20 juta untuk panitia perayaan ulang tahun KoMPaS. ❑

Postingan populer dari blog ini

Verisa Sinaga: Kita “Memberontak,” Sayalah Ketua PKK Samosir Nanti

ADVERTORIAL— Freddy Situmorang , bakal calon Bupati Samosir dari PDI Perjuangan, punya keunggulan yang takada pada diri petahana Bupati Vandiko Gultom, yaitu bahwa Freddy memiliki seorang istri, pasangan hidup yang dicintainya, sedangkan Vandiko masih membujang, tidak punya istri. Dalam konteks politik pilkada, status beristri dan takberistri ini signifikan, karena bisa dimanfaatkan untuk meraih suara, khususnya suara kalangan perempuan. Dari kiri: Andreas Simbolon, Rapidin Simbolon, Freddy Situmorang, dan Verisa Sinaga dalam acara politik di depan seribu warga di Desa Tomok Parsaoran, Kabupaten Samosir, 18 Juli. (Foto: Energi Baru Samosir) Istri Freddy Paulus Situmorang adalah seorang boru Sinaga, yang bernama lengkap Verisa Margret Subara. Menurut salah satu kerabat Verisa, Subara adalah akronimi dari Sinaga Uruk Barita Raja, yang berasal dari Desa Sirait, Kecamatan Palipi, Kabupaten Samosir. Nama “Verisa” sendiri mengandung makna yang bagus. “Gemar membantu dan praktis. Dia setia, m

Siska Ambarita Mengecam Korupnya Rezim Bupati Samosir

BATAK RAYA, Pangururan—Dari 25 anggota DPRD Kabupaten Samosir, hanya Siska Ambarita yang mau berpidato dalam sidang paripurna, 22 Juli, mengkritik buruknya kinerja pemerintahan Bupati Vandiko Gultom. Kecuali Siska dari PDIP, semua wakil rakyat lainnya cuma diam duduk manis. Siska Ambarita berpidato menyampaikan tanggapan umum dalam rapat paripurna DPRD Kabupaten Samosir, 22 Juli. Ketegasan Siska Ambarita, anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kabupaten Samosir, ini terjadi dalam rapat paripurna pembahasan rancangan perda tentang Penyelenggaraan Perlindungan Anak dan Perempuan serta sekaligus perda soal pertanggungjawaban APBD Kabupaten Samosir tahun anggaran 2023 di gedung DPRD Samosir, Senin, 22 Juli 2024. BELASAN MASALAH YANG KORUP Setidaknya ada belasan masalah bersifat korup di jajaran Pemkab Samosir yang dikecam oleh Siska Ambarita, dan itu tidak hanya terkait dengan APBD 2023, tapi juga masalah dalam APBD 2022 yang tidak kunjung dituntaskan oleh Pemkab. “Saya ingin menyampaikan bebe

Edison Sinaga Bakal Calon Bupati Samosir

PANGURURAN, Batak Raya—Edison Sinaga, putra Samosir kelahiran 1967, menjadi bakal calon Bupati Samosir periode 2024–2029. Edison Sinaga dalam sebuah acara di Pangururan, Samosir, 2023. (Foto: Hayun Gultom) Pada tahun 2023, nama Edison Sinaga sudah disebut-sebut sebagai salah satu bakal calon Bupati Samosir yang akan maju pada pilkada 2024. Kabar itu ternyata benar, Edison Sinaga sudah mendaftar sebagai bakal calon bupati ke Partai Golkar Kabupaten Samosir. Dia juga sudah mengambil  formulir dari PDI-P, Partai Perindo, Partai Demokrat, dan PKB. Pengambilan formulir diwakilkan kepada keluarganya di Samosir, karena sepekan lalu dia tengah sibuk mengikuti ujian Pendidikan Pimpinan Tingkat Nasional di Jakarta. Tetapi, kata Edison kepada Batak Raya , untuk penyampaian formulir nantinya ke sejumlah parpol, dia akan datang langsung ke Samosir. SIAPA EDISON SINAGA? Edison Sinaga memulai pendidikan dasar dan menengah di sekolah pertamina pada tahun 1974 di Pangkalan Brandan, kemudian SMA Santo T