Langsung ke konten utama

Mantan Pendukung Bupati Samosir: Kita Gantilah, Setuju?

PANGURURAN, Batak Raya — Para mantan pendukung Bupati Samosir, Vandiko Gultom, mengalihkan dukungan kepada bakal calon bupati Freddy Paulus Situmorang.

Freddy Situmorang menyanyi bersama warga pada HUT ormas KoMPaS, Jumat, di Pangururan. FOTO: JARAR SIAHAAN

Mereka menyampaikan sikap politik dalam acara perayaan HUT ke-3 Komunitas Masyarakat dan Perantau asal Samosir (KoMPaS), Jumat hari ini, 7 Juni 2024, di kompleks Hotel Dainang di Pangururan, Kabupaten Samosir.

Di hadapan sekitar dua ribu warga dari sejumlah kecamatan, Gaja Rumahorbo, tokoh masyarakat dari Desa Garoga, Kecamatan Simanindo, mengungkapkan rasa kecewanya terhadap Bupati Vandiko Gultom.

“Waktu pilkada kemarin, saya tim Vandiko. Tapi kulihat tidak ada pembangunan yang merata, tidak ada keadilan,” kata Gaja Rumahorbo. “Samosir ada sembilan kecamatan, memangnya Samosir hanya Onanrunggu?”

Ribuan hadirin, terlebih-lebih kaum ibu, spontan bangkit dari kursinya. Mereka mengacungkan tangan, berteriak, dan bertepuk tangan.

“Saya sudah menjalani beberapa desa, saya lihat tidak pernah mendapat pembangunan dari APBD. Jadi, maksudku, kita gantilah [Bupati Samosir]. Setuju?” kata Gaja Rumahorbo.

Lagi-lagi massa berdiri dan bertepuk tangan: “Setuju!”

Di panggung yang sama, puluhan kaum pria, antara lain aktivis dan pemborong, yang menamai diri Gerakan Transformasi Energi Baru, juga mengungkapkan kekecewaan terhadap Bupati Vandiko.

“Kami adalah perkumpulan para mantan pendukung Bupati Samosir pada pilkada lalu,” kata Hamonangan Simbolon, yang membacakan pernyataan sikap Gerakan Transformasi Energi Baru. “Kami adalah deretan gerbong yang berpindah kepada lokomotif Energi Baru, Freddy Situmorang.”

Hadirin langsung bertepuk tangan dan berteriak, “Ganti bupati! Cukup satu periode!”

“Kami menyadari perjalanan kita mungkin berbeda di awalnya. Namun, dari kekecewaan terhadap pemerintahan yang tidak menepati janji, kami bangkit dan membentuk Gerakan Transformasi Energi Baru. Kini kita berada di jalur yang sama, bersatu dalam tujuan yang mulia: mewujudkan perubahan positif bagi Kabupaten Samosir,” kata Hamonangan Simbolon.

Dia juga mengatakan kolaborasi antara Energi Baru dengan KoMPaS menjadi simbol harapan baru bagi masyarakat Samosir.

“Bersama-sama kita mendukung Freddy Paulus Situmorang sebagai pemimpin yang membawa Samosir menuju masa depan yang lebih cerah, lebih adil, dan lebih sejahtera, juga lebih bermartabat,” kata Hamonangan Simbolon.


Hingga berita ini diterbitkan Batak Raya pada Jumat sore, acara HUT ormas KoMPaS masih berlangsung. Ribuan massa juga belum pulang.

Mantan Bupati Tapanuli Utara, Nikson Nababan, yang kini menjadi bakal calon Gubernur Sumatra Utara, turut hadir. Dia sempat berpidato, menyanyikan beberapa lagu, dan menyumbangkan uang tunai Rp20 juta untuk panitia perayaan ulang tahun KoMPaS. ❑

Postingan populer dari blog ini

Freddy Situmorang kepada Jhony Naibaho: Kita Gas Pol, Rem Blong

PANGURURAN, BATAK RAYA — Jhony Naibaho menjadi ketua tim sukses Freddy Paulus Situmorang, bakal calon Bupati Samosir pada pilkada 2024. Awalnya Freddy diduga cuma “cek ombak”, tapi sekarang “sudah berselancar di atas ombak.” Dari kiri: Mangoloi Sinaga, Jhony Naibaho, Freddy Situmorang, Ebenezer Situmorang, dan Jabiat Sagala. FOTO: HAYUN GULTOM Bakal calon Bupati Samosir yang sudah mendaftarkan diri ke PDI Perjuangan, Freddy Situmorang, mengukuhkan Jhony Naibaho sebagai ketua tim pemenangan tingkat kabupaten, Selasa, 18 Juni 2024, di Hotel Hadorassa, Desa Buntumauli, Kecamatan Sitiotio. Jhony Naibaho adalah politikus senior PDIP yang disegani karena idealisme dan integritasnya yang jauh dari sifat koruptif. Dia juga mantan ketua DPRD Samosir dan mantan anggota DPRD Toba Samosir. BACA:  Mantan Ketua DPRD yang Miskin dan Banyak Utang Dalam acara pelantikan itu, Freddy langsung memberi tugas kepada Jhony agar segera membentuk tim pemenangan di setiap desa yang ada di seluruh kecamatan se-K

Edison Sinaga Bakal Calon Bupati Samosir

PANGURURAN, Batak Raya—Edison Sinaga, putra Samosir kelahiran 1967, menjadi bakal calon Bupati Samosir periode 2024–2029. Edison Sinaga dalam sebuah acara di Pangururan, Samosir, 2023. (Foto: Hayun Gultom) Pada tahun 2023, nama Edison Sinaga sudah disebut-sebut sebagai salah satu bakal calon Bupati Samosir yang akan maju pada pilkada 2024. Kabar itu ternyata benar, Edison Sinaga sudah mendaftar sebagai bakal calon bupati ke Partai Golkar Kabupaten Samosir. Dia juga sudah mengambil  formulir dari PDI-P, Partai Perindo, Partai Demokrat, dan PKB. Pengambilan formulir diwakilkan kepada keluarganya di Samosir, karena sepekan lalu dia tengah sibuk mengikuti ujian Pendidikan Pimpinan Tingkat Nasional di Jakarta. Tetapi, kata Edison kepada Batak Raya , untuk penyampaian formulir nantinya ke sejumlah parpol, dia akan datang langsung ke Samosir. SIAPA EDISON SINAGA? Edison Sinaga memulai pendidikan dasar dan menengah di sekolah pertamina pada tahun 1974 di Pangkalan Brandan, kemudian SMA Santo T

Muslihat Politik Jautir Simbolon

Politikus Jautir Simbolon adalah abang kandung dan sekaligus arsitek politik Rapidin Simbolon, mantan Bupati Samosir yang kini menjadi ketua PDI Perjuangan Sumatra Utara dan anggota DPR RI terpilih. Jautir memajukan adiknya itu pada pilkada Samosir 2005 biarpun sudah tahu pasti kalah; melarangnya mengikuti pilkada 2010 walau sudah cukup modal; dan membawanya hanya sebagai wakil bupati pengganti demi kemudahan meraih kemenangan pada pilkada 2015. Politikus Jautir Simbolon, abang kandung Rapidin Simbolon (kini jadi ketua PDIP Sumut), difoto di Pangururan, Kabupaten Samosir, Agustus 2016. FOTO: JARAR SIAHAAN/arsip tabloid Batak Raya Berita politik ini terbit pertama kali dalam tabloid Batak Raya edisi September 2016 dengan judul “Muslihat Politik Jautir Simbolon”, ditulis oleh Jarar Siahaan , yang kini menjadi editor dan konsultan redaksi media siber BatakRaya.com . * * * Dahulu pada masa pemerintahan kolonial Belanda di Kabupaten Samosir, Provinsi Sumatra Utara, kakek dari ayah Jautir Si