Langsung ke konten utama

Waris Thalib di Palipi: Ompung, Istriku Boru Sinaga

Palipi, Batak Raya—Setelah bertemu dengan Bupati Vandiko Gultom pada 5 Juli 2022, plt. Wali Kota Tanjung Balai, Waris Thalib, mendaki Gunung Pusuk Buhit di Kecamatan Sianjurmulamula dan berziarah ke Tugu Toga Sinaga di Desa Urat, Kecamatan Palipi, Kabupaten Samosir, Provinsi Sumatra Utara, 6 Juli kemarin.

Plt. Wali Kota Tanjung Balai, Waris Thalib, mengunjungi Tugu Toga Sinaga di Palipi, Samosir. (Foto: Hayun Gultom)

Waris Thalib berangkat menaiki gunung keramat itu pada saat hari masih subuh, dan turun dari sana menjelang tengah hari. Kemudian, ditemani oleh Tunggul Sinaga, Asisten Pemerintahan Pemkab Samosir, Waris berkunjung ke Desa Urat di Palipi untuk menziarahi Tugu Toga Sinaga.

Waris sengaja datang ke tugu itu karena istrinya seorang boru Sinaga, yaitu Fatiah Haitami Sinaga. Waris sendiri orang Jawa. Sejak dahulu beberapa generasi kakek moyang istrinya sudah bermukim di Tanjung Balai. Maka dari itu, untuk menelusuri silsilah keluarga istrinya, Waris datang ke Tugu Toga Sinaga di Palipi.

Di lokasi tugu itu dia mendapat penjelasan dari Tunggul Sinaga bahwa Toga Sinaga memiliki tiga putra, yaitu Sinaga Bonor, Sinaga Ratus, dan Sinaga Uruk.

Kemudian, Tunggul menunjukkan sebuah rumah adat Batak. “Ini namanya sopo. Ini tempat berdoa, meminta sesuatu kepada Yang Mahakuasa. Kalau mau berdoa, kita bisa masuk ke dalam,” katanya kepada Waris.

Mereka berdua pun melepaskan sepatu dan masuk ke dalam sopo. Sebelum berdoa, Waris Thalib sempat mengucapkan beberapa kalimat yang ditujukan kepada leluhur istrinya.

“Ompung, saya datang dari Tanjung Balai. Istriku boru Sinaga. Mohon maaf, Ompung, saya tidak bisa membawa borumu ikut ke tempat ini, karena dia sedang sakit,” katanya.

“Saya berjanji, nanti akan membawanya ke tempat leluhurnya ini kalau dia sudah sembuh. Mertuaku dulu juga pernah mengatakan supaya kami datang ke sini. Mohon maaf, Ompung, karena baru saat ini saya bisa datang.”

Setelah itu, Waris Thalib pun berdoa agar istrinya lekas sembuh, dan supaya dia mendapat berkat dalam menjalankan tugasnya sebagai wali kota di Tanjung Balai. “Kalau nanti istriku sudah sehat, kami akan datang bersama-sama ke sini,” katanya kepada Batak Raya.

Menurut informasi di situs web resmi Pemkot Tanjung Balai, Waris Thalib bertitel sarjana agama dan bergelar haji. Dia mulai bekerja di Tanjung Balai sebagai tenaga honorer penjaga sekolah dasar, lalu menjadi penjaga kantor Dinas Pendidikan. Dia juga pernah jadi lurah dan camat. ❑

Postingan populer dari blog ini

Siapa pun Bupati Samosir, Sitiotio Tetap Dianaktirikan

Sitiotio, Batak Raya — Marojahan Sinaga, penduduk Desa Sabulan, Kecamatan Sitiotio, Samosir, Sumatra Utara, kecewa berat terhadap Pemerintah Kabupaten Samosir yang sedari dulu tidak menyeriusi pembangunan prasarana di Sitiotio. “Sebenarnya kalau disuruh memilih, kami lebih baik masuk Kabupaten Humbang daripada Kabupaten Samosir,” kata Marojahan kepada Batak Raya di Pangururan, Januari 2023. J.M.T. Pandiangan, perantau Sitiotio yang berdomisili di Kalimantan, difoto Batak Raya pada Januari 2023 di Samosir. (Foto: Hayun Gultom) Semenjak Kabupaten Samosir berdiri 19 tahun lalu hingga saat ini, Sitiotio merupakan kecamatan yang pembangunannya paling terbelakang dari sembilan kecamatan di Kabupaten Samosir. Fasilitas umum di Sitiotio, seperti jalan beraspal, lampu jalan, dan air leding, sangat terbatas, bahkan nyaris nihil. Jalan antardesa pun masih banyak yang tidak layak untuk dilintasi sepeda motor, apalagi mobil. Sitiotio juga sering disebut sebagai daerah buangan bagi aparatur sipil n

Wakil Bupati Samosir: Kalau Saya Jawab, Bungkam Semua, Pasti!

Pangururan, Batak Raya — “Rencana kerja tahunan PUPR itu ada enggak long beach ? Itu yang perlu diketahui. Tapi, kebetulan Kepala Dinas PUPR tidak hadir,” kata Wakil Bupati Samosir, Martua Sitanggang, saat mulai menjawab pertanyaan para wartawan dalam jumpa pers di aula kantor Bupati Samosir di Jalan Rianiate, Pangururan, Kabupaten Samosir, Provinsi Sumatra Utara, 26 April 2022. Dari kiri, Bupati Vandiko Gultom, Wakil Bupati Martua Sitanggang, dan Pj. Sekda Hotraja Sitanggang dalam acara jumpa pers. (Foto: Hayun Gultom) Berikut jawaban Wakil Bupati Samosir selengkapnya yang dicatat oleh Batak Raya. Ada RPJMD, ada lagi kerja tahunan. Seluruh SKPD ada itu. Perencanaan yang baik itu pasti hasilnya baik. Tetapi, kalau perencanaan itu sembrono, hasilnya pun tidak akan baik. Bisa catat itu. Jadi, masalah long beach itu, sepuluh program prioritas Kabupaten Samosir, ada memang di situ peningkatan pariwisata. Cuma, detailnya setiap tahun anggaran harus dibedah di seluruh SKPD. Adakah itu? Ini