Langsung ke konten utama

Waris Thalib di Palipi: Ompung, Istriku Boru Sinaga

Palipi, Batak Raya—Setelah bertemu dengan Bupati Vandiko Gultom pada 5 Juli 2022, plt. Wali Kota Tanjung Balai, Waris Thalib, mendaki Gunung Pusuk Buhit di Kecamatan Sianjurmulamula dan berziarah ke Tugu Toga Sinaga di Desa Urat, Kecamatan Palipi, Kabupaten Samosir, Provinsi Sumatra Utara, 6 Juli kemarin.

Plt. Wali Kota Tanjung Balai, Waris Thalib, mengunjungi Tugu Toga Sinaga di Palipi, Samosir. (Foto: Hayun Gultom)

Waris Thalib berangkat menaiki gunung keramat itu pada saat hari masih subuh, dan turun dari sana menjelang tengah hari. Kemudian, ditemani oleh Tunggul Sinaga, Asisten Pemerintahan Pemkab Samosir, Waris berkunjung ke Desa Urat di Palipi untuk menziarahi Tugu Toga Sinaga.

Waris sengaja datang ke tugu itu karena istrinya seorang boru Sinaga, yaitu Fatiah Haitami Sinaga. Waris sendiri orang Jawa. Sejak dahulu beberapa generasi kakek moyang istrinya sudah bermukim di Tanjung Balai. Maka dari itu, untuk menelusuri silsilah keluarga istrinya, Waris datang ke Tugu Toga Sinaga di Palipi.

Di lokasi tugu itu dia mendapat penjelasan dari Tunggul Sinaga bahwa Toga Sinaga memiliki tiga putra, yaitu Sinaga Bonor, Sinaga Ratus, dan Sinaga Uruk.

Kemudian, Tunggul menunjukkan sebuah rumah adat Batak. “Ini namanya sopo. Ini tempat berdoa, meminta sesuatu kepada Yang Mahakuasa. Kalau mau berdoa, kita bisa masuk ke dalam,” katanya kepada Waris.

Mereka berdua pun melepaskan sepatu dan masuk ke dalam sopo. Sebelum berdoa, Waris Thalib sempat mengucapkan beberapa kalimat yang ditujukan kepada leluhur istrinya.

“Ompung, saya datang dari Tanjung Balai. Istriku boru Sinaga. Mohon maaf, Ompung, saya tidak bisa membawa borumu ikut ke tempat ini, karena dia sedang sakit,” katanya.

“Saya berjanji, nanti akan membawanya ke tempat leluhurnya ini kalau dia sudah sembuh. Mertuaku dulu juga pernah mengatakan supaya kami datang ke sini. Mohon maaf, Ompung, karena baru saat ini saya bisa datang.”

Setelah itu, Waris Thalib pun berdoa agar istrinya lekas sembuh, dan supaya dia mendapat berkat dalam menjalankan tugasnya sebagai wali kota di Tanjung Balai. “Kalau nanti istriku sudah sehat, kami akan datang bersama-sama ke sini,” katanya kepada Batak Raya.

Menurut informasi di situs web resmi Pemkot Tanjung Balai, Waris Thalib bertitel sarjana agama dan bergelar haji. Dia mulai bekerja di Tanjung Balai sebagai tenaga honorer penjaga sekolah dasar, lalu menjadi penjaga kantor Dinas Pendidikan. Dia juga pernah jadi lurah dan camat. ❑

iklan

iklan

Postingan populer dari blog ini

Ayah Bupati Samosir: Harusnya Saya Dikonfirmasi, Bukan Bupati

Pangururan, Batak Raya — Wartawan bercekcok mulut dengan Ober Gultom, ayah Bupati Samosir, dalam grup WhatsApp. Lantas ketua organisasi media siber menyurati Bupati untuk konfirmasi. “Jadi, kalau nanti ada keluarga saya berdebat dengan mereka, lalu saya juga yang dikonfirmasi? Wah, keterlaluan!” kata Bupati Vandiko Gultom. Ober Gultom, ayah Bupati Samosir, Vandiko Gultom. (Foto: arsip pribadi) Dalam beberapa hari terakhir ini sejumlah media siber di Provinsi Sumatra Utara memberitakan Ketua Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Kabupaten Samosir, Tetty Naibaho, yang mengirim surat konfirmasi bertanggal 30 Mei 2022 kepada Bupati Samosir, Vandiko Gultom, tentang ayahnya sendiri, Ober Gultom, yang berbantah dengan wartawan di sebuah WhatsApp group (WAG) bernama Samosir Negeri Indah (SNI). Dalam surat yang juga ditujukan kepada Sekda Kabupaten Samosir itu Tetty menulis, “… Saudara Ober Gultom yang memberikan komentar terkait pemberitaan ‘Sampah di TPA’ dengan mengusulkan salah seorang tena

Sipalangnamora dan Datu Tambun

Riwayat Raja Sipalangnamora, nenek moyang marga Gultom, dan kisah salah satu putranya, Datu Tambun, pernah saya tulis bersama dengan wartawan Ramses Simanjuntak (almarhum) dalam dua artikel berjudul “Sipalangnamora dan Lima Kendi” serta “Sipalangnamora yang Kaya, Datu Tambun yang Sakti” dalam tabloid Pos Roha pada Juni 2015. Sebagian isi kedua tulisan itu diterbitkan ulang di Batak Raya seperti berikut. Keturunan Raja Sipalangnamora Gultom menziarahi pusara Sipalangnamora dan keempat putranya di Onanrunggu, Samosir, pada 2015, dan kemudian membangun kuburan leluhur mereka itu. (Foto: tabloid Pos Roha/reproduksi) Kata batak , dengan huruf b kecil, dalam ragam bahasa sastra memiliki makna ‘petualang’ atau ‘pengembara’, dan kata turunan membatak berarti ‘bertualang’ atau ‘mengembara’. Klan besar Gultom juga melanglang hingga beranak pinak di pelbagai wilayah, seperti halnya marga Batak Toba yang lain. [Baca juga: Miranda Gultom Bicara Marga, Gelar Sarjana, dan Suara Keras Orang Batak

Ada Agen Elpiji Baru Tidak Terdaftar di Pemkab Samosir

PANGURURAN, Batak Raya—Agen penyalur tabung gas elpiji di Kabupaten Samosir selama ini ada dua, yaitu PT Polten Sinar Agatha dan PT Samosir Anugerah Indogas. Kini muncul lagi satu agen baru, tetapi tidak terdaftar di Pemkab Samosir. Mobil truk PT Samosir Mandiri Energi tiba di Pangururan pada Senin sore, 18 Desember 2023. (Foto: Hayun Gultom) Agen elpiji baru itu bernama PT Samosir Mandiri Energi. Mobil truknya, yang mengangkut tabung gas 3 kg, sudah tiba kemarin sore, Senin, 18 Desember 2023, di Pangururan. PT Polten Sinar Agatha pun mempertanyakan mengapa ada agen baru yang tidak terdaftar di Pemkab Samosir. Begitu juga halnya dengan PT Samosir Anugerah Indogas. Menurut Rikardo Simanjorang dari PT Samosir Anugerah Indogas, tidak ada masalah baginya apabila ada pertambahan agen penyalur tabung gas di Kabupaten Samosir. Namun, katanya, hal itu mesti mengikuti aturan yang berlaku. Dia mengatakan selama ini tidak ada kendala dalam hal penyaluran gas kepada masyarakat Samosir. “Kalaupun p