Langsung ke konten utama

Waris Thalib di Palipi: Ompung, Istriku Boru Sinaga

Palipi, Batak Raya—Setelah bertemu dengan Bupati Vandiko Gultom pada 5 Juli 2022, plt. Wali Kota Tanjung Balai, Waris Thalib, mendaki Gunung Pusuk Buhit di Kecamatan Sianjurmulamula dan berziarah ke Tugu Toga Sinaga di Desa Urat, Kecamatan Palipi, Kabupaten Samosir, Provinsi Sumatra Utara, 6 Juli kemarin.

Plt. Wali Kota Tanjung Balai, Waris Thalib, mengunjungi Tugu Toga Sinaga di Palipi, Samosir. (Foto: Hayun Gultom)

Waris Thalib berangkat menaiki gunung keramat itu pada saat hari masih subuh, dan turun dari sana menjelang tengah hari. Kemudian, ditemani oleh Tunggul Sinaga, Asisten Pemerintahan Pemkab Samosir, Waris berkunjung ke Desa Urat di Palipi untuk menziarahi Tugu Toga Sinaga.

Waris sengaja datang ke tugu itu karena istrinya seorang boru Sinaga, yaitu Fatiah Haitami Sinaga. Waris sendiri orang Jawa. Sejak dahulu beberapa generasi kakek moyang istrinya sudah bermukim di Tanjung Balai. Maka dari itu, untuk menelusuri silsilah keluarga istrinya, Waris datang ke Tugu Toga Sinaga di Palipi.

Di lokasi tugu itu dia mendapat penjelasan dari Tunggul Sinaga bahwa Toga Sinaga memiliki tiga putra, yaitu Sinaga Bonor, Sinaga Ratus, dan Sinaga Uruk.

Kemudian, Tunggul menunjukkan sebuah rumah adat Batak. “Ini namanya sopo. Ini tempat berdoa, meminta sesuatu kepada Yang Mahakuasa. Kalau mau berdoa, kita bisa masuk ke dalam,” katanya kepada Waris.

Mereka berdua pun melepaskan sepatu dan masuk ke dalam sopo. Sebelum berdoa, Waris Thalib sempat mengucapkan beberapa kalimat yang ditujukan kepada leluhur istrinya.

“Ompung, saya datang dari Tanjung Balai. Istriku boru Sinaga. Mohon maaf, Ompung, saya tidak bisa membawa borumu ikut ke tempat ini, karena dia sedang sakit,” katanya.

“Saya berjanji, nanti akan membawanya ke tempat leluhurnya ini kalau dia sudah sembuh. Mertuaku dulu juga pernah mengatakan supaya kami datang ke sini. Mohon maaf, Ompung, karena baru saat ini saya bisa datang.”

Setelah itu, Waris Thalib pun berdoa agar istrinya lekas sembuh, dan supaya dia mendapat berkat dalam menjalankan tugasnya sebagai wali kota di Tanjung Balai. “Kalau nanti istriku sudah sehat, kami akan datang bersama-sama ke sini,” katanya kepada Batak Raya.

Menurut informasi di situs web resmi Pemkot Tanjung Balai, Waris Thalib bertitel sarjana agama dan bergelar haji. Dia mulai bekerja di Tanjung Balai sebagai tenaga honorer penjaga sekolah dasar, lalu menjadi penjaga kantor Dinas Pendidikan. Dia juga pernah jadi lurah dan camat. ❑

Postingan populer dari blog ini

Pastor Paroki Tomok Dimaki Wakapolres Samosir

Tomok, Batak Raya — Seorang pastor Katolik dimaki oleh Wakil Kepala Polres Samosir di jalan di desa wisata Tomok, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir, Provinsi Sumatra Utara, Kamis, 16 Juni 2022. Warga setempat menjadi saksi mata, termasuk ibu-ibu pedagang suvenir. Kepada Batak Raya Wakapolres mengaku salah bahwa dirinya memang menyebut “pastor gadungan.” Wakapolres Samosir, Kompol Togap Lumbantobing, dalam persiapan menyambut Irwasum dan Kapolda Sumut di Puskesmas Ambarita, Kecamatan Simanindo, 16 Juni 2022. (Foto: Hayun Gultom) Pemuka agama Katolik yang dikasari secara verbal itu ialah pastor Sabat Nababan, imam di Paroki Santo Antonio Maria Claret Tomok, yang membawahkan belasan gereja Katolik. Oknum perwira Polri yang memakinya ialah Kompol Togap M. Lumbantobing, orang nomor dua di Polres Samosir. Menurut penjelasan pastor Sabat Nababan, yang diwawancarai Batak Raya pada Kamis siang di pastoran Paroki Tomok, dia mengalami perlakuan takpantas itu ketika aparat Polres Samosir m

Apa Saja Tugas 6 Staf Khusus Bupati Samosir Bergaji Rp17 Juta?

Pangururan, Batak Raya — Khalayak ramai di media sosial mengecam pengangkatan enam staf khusus Bupati Samosir, yang dinamai Tim Bupati untuk Percepatan Pembangunan (TBPP) Kabupaten Samosir, dengan gaji bulanan Rp17 juta per orang. Ada saran agar keenam staf itu ditugasi mengelola Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) demi menambah pendapatan Pemerintah Kabupaten Samosir. Dalam wawancara khusus dengan Batak Raya , mereka menjelaskan pekerjaan TBPP dan menjawab tudingan warganet terhadap mereka. ⸻ Mangindar Simbolon, Ketua Tim Bupati untuk Percepatan Pembangunan (TBPP) Kabupaten Samosir. (Foto: Hayun Gultom) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Samosir di Provinsi Sumatra Utara, yang berisi sepuluh program prioritas, sudah disusun oleh Bupati Samosir, Vandiko Gultom, mulai tahun 2022 hingga 2026 walaupun masa jabatannya hanya sampai 2024. Karena waktu yang tersedia hanya tiga tahun, Pemkab Samosir merasa perlu mempercepat pembangunan sehingga program yang sudah direncan