Langsung ke konten utama

Marhuale Simbolon: Yang Dibahas Itu-Itu Saja, Orangnya pun Itu-Itu Juga

Pangururan, Batak Raya—Laksamana Pertama TNI (Purn.) Marhuale Simbolon, anggota Tim Bupati untuk Percepatan Pembangunan (TBPP) Kabupaten Samosir, takpeduli apa kata “netizen mahabenar” yang mengecam TBPP lewat media sosial. Yang penting baginya adalah bekerja dan berkinerja di dunia nyata, bukan membuang waktu dengan mabuk beropini di dunia maya.

Marhuale Simbolon diwawancarai Batak Raya di kantor TBPP. (Foto: Hayun Gultom)

Semenjak TBPP dibentuk oleh Bupati Samosir, Vandiko Gultom, kalangan warganet dan politikus sudah sering mengkritik keberadaan para staf khusus itu. Ada yang mempersoalkan besarnya gaji anggota TBPP Rp17 juta per bulan, padahal tugasnya “hanya memberi saran kepada bupati.” Ada yang mengkritik jumlah anggota TBPP yang awalnya hanya lima orang tetapi sekarang menjadi tujuh orang. Bahkan, minggu lalu Fraksi PDI Perjuangan mengecam TBPP secara khusus dalam lima halaman naskah yang dibacakan pada sidang paripurna DPRD Kabupaten Samosir. Sebelumnya, 23 Juli 2022, pengunjuk rasa di DPRD menuding Marhuale Simbolon “jenderal provokator”, dan menuntut supaya TBPP dibubarkan karena dianggap tidak bermanfaat.

Tentang semua kecaman tersebut, TBPP hanya bersikap masa bodoh, tidak peduli sama sekali, seperti yang dikatakan Marhuale Simbolon dalam wawancara dengan Batak Raya di kantor TBPP di gedung kantor bupati di Pangururan, Kabupaten Samosir, Provinsi Sumatra Utara, 29 Juli 2022.

“Kalau terus-terusan berdebat di medsos, lalu kapan kerja?” katanya. Lagi pula, kritik yang dilontarkan netizen dalam grup-grup WhatsApp (WA) milik warga Samosir tersebut, katanya, “Yang dibahas itu-itu saja. Orangnya pun itu-itu juga.”

Maksud Marhuale adalah bahwa masalah yang dikritik netizen dalam grup WA hanyalah beberapa isu yang diulang-ulang. Para pengkritik itu pun jumlahnya beberapa puluh orang saja, atau hanya segelintir dari masyarakat Samosir. Oleh karena itu, TBPP memilih sikap diam, sama sekali tidak menanggapi kritik netizen. Bagi TBPP, berperang opini di media sosial tidak ada gunanya.

“Saya tahu ada yang mengatakan ‘bodoh sekali si Marhuale itu, pensiunan jenderal menjadi staf si Vandiko.’ Bahasa seperti ini sudah pasti karena didasari rasa benci, dengki. Enggak perlu ditanggapi. Justru kami [TBPP] bangga diberi ruang untuk mengimplementasikan gagasan-gagasan kami untuk turut serta membangun Samosir. Biarpun Vandiko Gultom masih muda, tetapi dia seorang visioner,” kata Marhuale.


Menurut pensiunan jenderal bintang satu TNI Angkatan Laut itu, selama bertahun-tahun konsep pembangunan Kabupaten Samosir hanya untuk membangun kelompok tertentu, bukan membangun masyarakat secara umum. Itulah, antara lain, yang akan diubah oleh TBPP.

Dia mencontohkan konsep pariwisata Samosir sebelum era Bupati Vandiko Gultom yang, katanya, “Tidak pernah komprehensif dari hulu sampai ke hilir. Selama ini hanya di hilir. Untuk mendatangkan turis, dibikin tortor, buat musik jaz. Apa itu?” Maka itu, katanya, peran TBPP ialah mengubahnya menjadi konsep pembangunan yang menyeluruh, cepat, dan tepat waktu.

Kata Marhuale Simbolon, karena mayoritas masyarakat Samosir mencari nafkah dengan bercocok tanam, TBPP pun memprioritaskan pembangunan menyeluruh pada bidang pertanian. Upaya tersebut dimulai dengan sirtuisasi, cara paling murah untuk membangun jalan desa dan akses jalan pertanian secara menyeluruh. Dengan sistem swakelola sirtuisasi, pembangunan jalan yang sedianya berbiaya Rp2,5 miliar bisa selesai hanya dengan biaya Rp250 juta. “Hanya dengan cara itu kita bisa membangun semua jalan desa dan jalan-jalan pertanian,” kata Marhuale, anggota TBPP yang membidangi pertanian, pariwisata, dan ekonomi kreatif.

Dalam hal pembangunan infrastruktur menyeluruh model sirtuisasi, TBPP berperan mencari lahan bergelombang yang perlu diratakan. Contohnya, TBPP baru saja bersepakat dengan warga di Kecamatan Palipi yang memiliki lahan berbukit berupa tanah dan bebatuan. Setelah nanti lahan diratakan, hasilnya berupa sirtu akan diberikan pemilik lahan secara gratis kepada Pemkab Samosir. Kemudian, sirtu inilah yang digunakan untuk membuka jalan desa dan jalan pertanian, serta memperbaiki jalan-jalan yang rusak. Pembangunan jalan dengan sirtu ini sama sekali tidak perlu memakai anggaran khusus dalam APBD Kabupaten Samosir, tetapi hanya memanfaatkan belanja rutin Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Samosir.

Selain itu, TBPP juga mencetuskan agar Pemkab Samosir melaksanakan pertanian dengan konsep ekstensifikasi, yakni perluasan lahan pertanian berkelanjutan, dan intensifikasi, yaitu peningkatan atau pengoptimalan lahan pertanian yang sudah ada. Konsep TBPP ini sudah disetujui Bupati Vandiko Gultom dan akan mulai dikerjakan tahun ini.

Pemkab Samosir pun sudah mengajukan proposal kepada Kementerian Pertanian untuk pembukaan kawasan pertanian terpadu seluas 2.850 hektare di Tele.

Teknologi pengairan pertanian juga akan dibangun di seluruh Samosir. Sistem pompa air akan dibangun di semua tepian pantai dengan ketinggian sampai 30 meter. Di tempat yang lebih tinggi, seperti Ronggurnihuta dan Nainggolan, Pemkab akan membangun embung raksasa.

Dengan demikian, persawahan yang berdekatan dengan Danau Toba tidak akan kekurangan air lagi. Contohnya, 50 hektare sawah di Rianiate dipastikan tidak kekurangan air pada tahun depan walaupun musim kemarau. Petani juga akan bisa mengerjakan sawahnya dengan dua kali panen per tahun.

“Jika petani sukses dan memiliki uang maka semua perekonomian akan berjalan dangan baik. Pedagang tidak akan mengeluh karena dagangannya tidak laku. Pengusaha jasa tidak akan mengeluh karena tidak ada yang menggunakan jasanya,” kata Marhuale Simbolon. ❑

iklan

iklan

Postingan populer dari blog ini

Ayah Bupati Samosir: Harusnya Saya Dikonfirmasi, Bukan Bupati

Pangururan, Batak Raya — Wartawan bercekcok mulut dengan Ober Gultom, ayah Bupati Samosir, dalam grup WhatsApp. Lantas ketua organisasi media siber menyurati Bupati untuk konfirmasi. “Jadi, kalau nanti ada keluarga saya berdebat dengan mereka, lalu saya juga yang dikonfirmasi? Wah, keterlaluan!” kata Bupati Vandiko Gultom. Ober Gultom, ayah Bupati Samosir, Vandiko Gultom. (Foto: arsip pribadi) Dalam beberapa hari terakhir ini sejumlah media siber di Provinsi Sumatra Utara memberitakan Ketua Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Kabupaten Samosir, Tetty Naibaho, yang mengirim surat konfirmasi bertanggal 30 Mei 2022 kepada Bupati Samosir, Vandiko Gultom, tentang ayahnya sendiri, Ober Gultom, yang berbantah dengan wartawan di sebuah WhatsApp group (WAG) bernama Samosir Negeri Indah (SNI). Dalam surat yang juga ditujukan kepada Sekda Kabupaten Samosir itu Tetty menulis, “… Saudara Ober Gultom yang memberikan komentar terkait pemberitaan ‘Sampah di TPA’ dengan mengusulkan salah seorang tena

Sipalangnamora dan Datu Tambun

Riwayat Raja Sipalangnamora, nenek moyang marga Gultom, dan kisah salah satu putranya, Datu Tambun, pernah saya tulis bersama dengan wartawan Ramses Simanjuntak (almarhum) dalam dua artikel berjudul “Sipalangnamora dan Lima Kendi” serta “Sipalangnamora yang Kaya, Datu Tambun yang Sakti” dalam tabloid Pos Roha pada Juni 2015. Sebagian isi kedua tulisan itu diterbitkan ulang di Batak Raya seperti berikut. Keturunan Raja Sipalangnamora Gultom menziarahi pusara Sipalangnamora dan keempat putranya di Onanrunggu, Samosir, pada 2015, dan kemudian membangun kuburan leluhur mereka itu. (Foto: tabloid Pos Roha/reproduksi) Kata batak , dengan huruf b kecil, dalam ragam bahasa sastra memiliki makna ‘petualang’ atau ‘pengembara’, dan kata turunan membatak berarti ‘bertualang’ atau ‘mengembara’. Klan besar Gultom juga melanglang hingga beranak pinak di pelbagai wilayah, seperti halnya marga Batak Toba yang lain. [Baca juga: Miranda Gultom Bicara Marga, Gelar Sarjana, dan Suara Keras Orang Batak

Bupati Toba Bersih dari Korupsi, tapi Kinerja Nol

BALIGE, Batak Raya—Pada sidang paripurna DPRD Kabupaten Toba, Fraksi PKB memuji Bupati Poltak Sitorus “bersih dari korupsi.” Namun, dalam wawancara Batak Raya , fraksi itu mengecam dugaan suap proyek di beberapa jawatan, dan menilai kinerja Bupati hanya “omong kosong, tidak ada perkembangan.” Sabaruddin Tambunan, anggota DPRD Kabupaten Toba. (Foto: Jarar Siahaan) Barangkali ini kali pertama terjadi di Indonesia: seorang bupati dipastikan tidak pernah terlibat korupsi, dan yang memastikan ialah pihak DPRD, tetapi si bupati juga dinilai tidak becus bekerja. Pujian setinggi langit ini ditujukan kepada Bupati Toba, Poltak Sitorus, yang dirilis dalam pandangan umum Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) DPRD Kabupaten Toba pada sidang paripurna tentang rancangan peraturan daerah APBD Perubahan tahun anggaran 2023 di gedung DPRD di Balige, 18 September 2023. “Saudara Bupati kami lihat dan telusuri benar-benar bersih dari unsur korupsi,” begitu bunyi pendapat Fraksi PKB dalam rapat paripurna.